Legenda Golf

Sunday, June 5, 2016

 Legenda Golf Dunia : Jack Niclaus

Jack Nicklaus, nama ini tercatat sebagai salah satu legenda hidup golf dunia. Ia telah menjuarai 18 turnamen utama golf baik itu British Open Professional Golf Association (PGA) Championship, Turnamen Masters, US Open di antara 1963 hingga 1980.

Mengutip Biography.com, Nicklaus lahir di Ohio, Amerika Serikat 21 Januari 1940 (75 tahun) Jack mendapat julukan “The Golden Bear” dengan membukukan namanya sebagai salah satu pegolf terbaik sepanjang masa.

Lahir dari pasangan Charlie dan Helen ini mengenal golf dari ayahnya yang mengajaknya bergabung bersama Socio Country Club. Di klub golf tersebut, Jack yang baru berusia 10 tahun mampu membukukan hasil 51 di 9 lubang.

Dilatih oleh Socio Country Club sejak kecil, dirinya pun mampu meraih juara pertama pada kejuaraan Ohio terbuka saat menginjak usia 16 tahun. Dirinya juga meraih juara pada turnamen Internasional Jaycee Junior Golf di usia 17 tahun.


Ketika melanjutkan studinya di Universitas Negeri Ohio, dirinya pun masih memenangi US Amateur Golf pada tahun 1959 dan 1961. Dia juga tercatat sebagai juara kedua pada US Terbuka dengan skor yang cukup tinggi 282. Setelahnya, ia memilih karir profesional pada November 1961.
Memilih menjadi seorang profesional, tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuat namanya dikenang. Memenangi turnamen utama US Open pada 1962 dan melanjutkannya dengan memenangi turnamen Master dan Kejuaraan PGA pada tahun berikutnya.

Hasil cemerlang yang diraihnya hingga 1973 dengan membukukan 10 juara turnamen utama membuatnya masuk sebagai salah satu dari pegolf terbaik sepanjang masa. Namun, perjalanan panjang masih dilaluinya sebagai pegolf profesional. Ia pun terus menambah deretan kemenangannya di turnamen master dan PGA pada 1975 hingga 1980.

The Golden Bear memperoleh titel juara terakhirnya saat 1986 ketika usianya menginjak 46 tahun dengan memenangi turnamen Master dengan bersaing ketat Greg Norman. Dirinya membuktikan walaupun dengan usia yang sudah tidak muda lagi, namun ia mampu membukukan six-under-30 back nine untuk kembali memperoleh Jaket Hijau keenamnya.

Setelah mengarungi dunia profesionalnya, ia beralih ke Turnamen khusus Senior yang dinamakan Senior PGA Tour di tahun 1990 dan berkompetisi hingga 2005 lalu. Dirinya tercatat sebagai salah satu pemain golf terbaik sepanjang masa dengan raihan menjadi juara di banyak turnamen yang totalnya 18 turnamen utama.

Selain menekuni dunia golf, ia mengembangkan industri kreatif dan desain. Dinamakan dari namanya, Nicklaus Design telah mengembangkan usahanya hingga ke lebih dari 35 negara seluruh dunia. Ia pun meluncurkan wine, usaha apparel dan menerbitkan beberapa buku atas namanya.

Membangun Yayasan Anak-anak
Bersama dengan istrinya, Barbara, ia yang menyukai anak anak ini membangun Nicklaus Children Health Care Foundation dan Rumah Sakit Anak Nicklaus pada 2004. Ia pun memperoleh Penghargaan Presiden untuk Kebebasan dari Presiden Amerika saat itu, George W Bush pada November 2005, yang bertugas sebagai duta olahraga. Penghargaan tersebut membuatnya salah satu olahragawan yang terkenal dan dicintai.

Untuk mengenang usaha dan prestasinya di dunia golf, pemerintah Ohio membuat khusus Museum atas nama dirinya. Memiliki luas 24000 ft2 ini terletak di pusat Universitas Ohio yang pernah menjadi tempat dirinya menuntut ilmu. Di sini, anda bisa melihat kenangan sejarah golf semenjak ditemukan dan mempelajari golf dari praktisinya.
Sempatkan juga untuk melihat lihat berbagai koleksi saat ia memenangi berbagai kejuaraan dengan koleksi trofi, foto dan berbagai momen di lebih dari 20 turnamen utama dan lebih dari 100 kemenangan profesional di seluruh dunia.
Museum yang dibuka tiap Selasa hingga Sabtu ini dapat dijumpai di Olentangy River Road dengan bea masuk sebesar $10 saja.